Friday, August 21, 2009

Akupuntur Dapat Mengurangi Nyeri Saat Melahirkan


Melahirkan bagi sebagian calon ibu merupakan proses yang ditunggu-tunggu dan sekaligus ditakuti, karena prosesnya sangat menyakitkan. Sehingga tidak mengherankan jika banyak calon ibu pada saat ini lebih memilih melahirkan dengan cara operasi(operasi sesar) karena tidak menimbulkan rasa sakit. Para ahli kesehatan masih sangat menganjurkan untuk melahirkan bayio dengan cara normal, karena mempunyai resiko yang lebih rendah bagi ibu dan memberi beberapa keuntungan untuk bayi. Yang menjadi tantangan adalah bagaimana caranya mengurangi rasa nyeri saat melahirkan.

Akupuntur ternyata memberikan alternatif karena bisa mengurangi nyeri saat melahirkan. Teknik akupuntur ini biasa disebut dengan akupuntur analgesik. Nyeri dapat dikurangi karena timbul endorfin (zat anti nyeri alami dalam tubuh) jika dilakukan penusukan dengan jarum akupuntur pada titik-titik tertentu. Akupuntur analgesik dapat mengurangi rasa sakit sampai sebesar 78 persen. Tindakan akupuntur biasanya mulai diberikan pada akhir tri semester ketiga, dengan tujuan membantu persiapan tubuh ibu hamil dalam proses persalinan.

Bagian tubuh yang ditusuk dengan jarum akupuntur adalah perut, bokong, tangan dan kaki. Jarum ditusukan dengan kemiringan 45 derajat dan ditempelkan pada kulit, sehingga tidak mengganggu proses persalinan. Setelah itu jarum dapat dirangsang secara manual ataupun menggunakan listrik dengan daya yang kecil.

Tidak sembarangan pasien bisa memakai teknik akupuntur ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain : tekanan darah harus dalam keadaan normal, persalinan harus diduga normal, pasien dalam keadaan inpartu, pembukaan serviks 4 cm atau lebih, disamping itu ada juga syarat lainnya yaitu , pasien tidak mempunyai alergi pada logam. Apabila pada pertengahan proses persalinan terjadi kelainan, maka akupuntur harus dihentikan dan dilakukan tindakan madis yang diperlukan.

Nahhh bagi calon ibu yang ingin tetap melahirkan dengan cara alami tetapi ingin mengurangi rasa nyeri saat melahirkan boleh mencoba teknik akupuntur ini….

dikutip dari http://doktergiri.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...